Postingan

Review: MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Review: MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Pendahuluan Latar Belakang Masalah Mutu pendidikan nasional terukur lewat ketercapaian segenap Standar Pendidikan Nasional, meliputi standar isi, proses, kompetensi kelulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan (PP RI No. 19 tahun 2005 telah disempurnakan dengan PP RI No 32 tahun 2013). Perhatian yang serius dan sungguhsungguh oleh para pihak terhadap upaya pemenuhan dan perwujudan segenap standar tersebut akan menentukan kualitas/mutu pendidikan. Persoalan mutu pendidikan merupakan issu yang selalu hangat dan manarik untuk diperbincangkan dan dikaji. Persoalan mutu pendidikan selaras dengan tuntutan perkembangan dan perubahan. Suatu perubahan menuntut peran agen pembaharuan (theagent of change) dalam memunculkan ide-ide pembaharuan serta mengelola perubahan. Sosok agen perubahan secara internal lembaga pendidikan dimaksud adalah a

Resume Artikel Hubungan Masyarakat

Nama : ERSA AMALIA PUTRI Nim : 207180027 Kelas : IPA  Resume Artikel Hubungan Masyarakat MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PERAN AKTIF MASYARAKAT PADA LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH 1. Pengertian Manajemen Hubungan Masyarakat manajemen hubungan masyarakat ialah pengelolaan dari upaya komunikasi dua arah yang bersifat timbal balik suatu organisasi dengan publik (masyarakat) yang bertujuan untuk kepentingan bersama. 2. Fungsi Manajemen Hubungan Masyarakat pada Lembaga Pendidikan a. Perencanaan Hubungan Masyarakat Hal pertama yang harus dilakukan sebelum pelaksanaan kebijakan maupun kegiatan dalam fungsi manajemen ialah Perencanaan. Perencanaan diadakan agar dalam pelaksanaannya dapat tepat sasaran. Pelaksanaan Hubungan Masyarakat b. Dalam pelaksanaan Hubungan Masyarakat pada lembaga pendidikan terdapat dua macam, yaitu: 1). Bersifat Internal (Khusus lingkup lembaga seperti pegawai/staf, pendidik, dan peserta didik). Tujuan dari pelaksanaan hubungan secara internal ini ialah memp

Resume Artikel Manajement Sarana Dan Prasarana Pendidikan

Nama : Ersa Amalia Putri Nim : 207180027  Kelas : IPA A Resume Artikel Manajement Sarana Dan Prasarana Pendidikan MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN A. Pengertian Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan manajemen sarana dan prasarana pendidikan dapat diartikan proses penyediaan dan pendayagunaan komponen-komponen secara langsung maupun tidak langsung jalannya proses pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien. B. Tujuan Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Pada dasarnya manajemen sarana dan prasarana pendidikan memiliki tujuan sebagai berikut: 1. Menciptakan sekolah atau madrasah yang bersih, rapi, indah, sehingga menyenangkan bagi warga sekolah atau madrasah. 2. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, baik secara kualitas maupun kuantitas dan relevan dengan kepentingan dan kebutuhan pendidikan. C. Klasifikasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Sarana pendidikan dapat diklasifikasikan berdasarkan tiga hal, yaitu: 1. Berdasarkan habis tidakny

Resume Artikel Management Kekuangan dan Pembiaya Pendidikan

NAMA: Ersa Amalia Putri  KELAS: IPA A NIM: 207180027  Resume Artikel Management Keuangan dan Pembiaya Pendidikan PERMASALAHAN PENGELOLAAN MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM SISTEM PENDIDIKAN Biaya Pendidikan Biaya memiliki cakupan yang luas, yaitu semua jenis pengeluaran yang berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan. Manajemen keuangan dan pembiayaan merupakan salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektivitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Manajemen pembiayaan pada dasarnya merupakan bagian dari pembiayaan pendidikan yang tercermin dari anggaran yang ditetapkan dari sekolah. Pembiayaan Pendidikan manajemen pembiayaan pendidikan merupakan proses mendapatkan dan mengatur pengeluaran berupa uang, barang, atau jasa melalui sumber daya manusia lewat fungsi manajemen yaitu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi untuk membiayai seluruh aktivitas atau kegiatan yang secara langsung maupun tidak langsung untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan sehingga tercapainya mutu

Resume Artikel Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan

Nama: ERSA AMALIA PUTRI Kelas: IPA A Nim: 207180027  Resume artikel Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SEBAGAI ALAT UNTUK MENUNJANG PROSES PENDIDIKAN YANG DINAMIS Pendidikan adalah hal utama bagi sebuah negara, pendidikan yang berkualitas akan berdampak pada masyarakat yang berkualitas pula. Keberagaman manajemen di sekolah disebabkan oleh belum kuatnya komitmen dan kurang pahamnya pihak sekolah mengenai implementasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan yang belum dapat berjalan dengan baik.  Pengertian manajemen pendidik dan tenaga kependidikan Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan adalah aktivitas yang harus dilakukan mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan masuk kedalam organisasi pendidikan sampai akhirnya berhenti. Tujuan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan secara umum adalah: Memungkinkan organisasi mendapatkan dan mempertahankan tenaga kerja yang cakap, dapat dipercaya, dan memiliki motivasi ti

Resume Management Kesiswaan

Nama : Ersa Amalia Putri Kelas : IPA A Nim: 207180027 Resume Artikel Management Kesiswaan EFEKTIFITAS MANAJEMEN PESERTA DIDIK  DI MASA PANDEMI COVID-19 Manajemen kesiswaan atau peserta didik Manajemen peserta didik memiliki dua makna yang berbeda, yaitu manajemen dan peserta didik. Manajemen memiliki arti pengolahan atau pengaturan sebuah organisasi untuk mencapai sebuah tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan peserta didik adalah segala sesuatu yang menyangkut dengan siswa di sekolah. Dari dua makna yang berbeda maka dapat disimpulkan bahwa maksud dari manajemen peserta didi adalah segala pengaturan atau pengolahdan yang menyangkut dengan siswa dari mulai siswa tersebut masuk sampai siswa tersebut keluar.Manajemen peserta didik memiliki tujuan untuk menciptakan kondisi yang baik dan tertib di lingkungan sekolah sehingga menghasilkan tujuan pembelaja yang efektif dan juga efisien. Maka dari itu dengan adanya manajemen pendidikan maka segala kegiatan peserta didik akan tertata dengan rapi

Resume Manajemen Kurikulum

Nama: Ersa Amalia Putri Kelas: IPA A Nim. : 207180027 RESUME ARTIKEL MANAJEMEN KURIKULUM PENGEMBANGAN MANAJEMEN KURIKULUM GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELJARAN Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta bahan yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Lima prinsip untuk menyusun Kurikulum adalah Produktivitas, Demokratis, Kooperatif, Efektivitas dan Efisiensi. Dan Mengarahkan visi, misi dan tujuan yang ditetapkan dalam kurikulum, proses manajemen harus dapat memperkuat dan mengrahkan visi, misi dan tujuan kurikulum. Pelaksanaan manajemen kurikulum yang baik  maka akan terciptanya suatu sistem pembelajaran baik pula. Maka dari penyusunan manajemen kurikulum berdasarkan uraian diatas akan menghasilkan sebuah kualitas pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain itu ketercapaian hasil belajar peserta didik semakin tinggi, dan tingkat ketidak berhasi